Friday, 7 October 2016

SOP (Standard Operating Procedure)








A. Pengertian

     Prosedur operasi standar (Bahasa Inggris: standard operating procedure, SOP) atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.

B. Latar Belakang

      Mengetahui SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai patokan saat bekerja.

C. Maksud dan Tujuan

     Saya ingin mengetahui tentang apa itu Standar Operasional Prosedur.

D. Penjelasan SOP

Tujan Standard Operasional Prosedur :

  - Agar mengetahui secara jelas peran serta fungsi tiap tiap posisi dalam suatu organisasi.
  - Agar petugas pegawai mengawal meenjaga konsistensi dan tingkat kinerja petuugas pegagawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  - Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas pegawai terkait.
  - Melindungi organisasi unit kerja dan petugas pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  - Untuk menghindari kegagalan, kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.

Manfaat  Standard Operasional Prosedur :

  - Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  - Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  - Meningkatkan efesiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
  - Membantu pegawai untuk menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada interfensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  - Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  - Memberikan informasi mengenai beban tugas yangdipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  - Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  - Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.

Fungsi Standard Operasional Prosedur :

  - Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  - Sebagai pedoman saat melaksanakan pekerjaan rutin.
  - Memperlancar tugas petugas pegawai atau tim unit kerja.
  - Mengarahkan petugas pegawai untuk sama sama disiplin kala bekerja.




Peran Standard Operasional Prosedur :

  - Pedoman kebijakan
  - Pedoman birokrasi
  - Pedoman administrasi
  - Pedoman intergrasi
  - Pedoman evaluasi
  - Prosedur kegiatan

Unsur-Unsur Standard Operasional Prosedur :

  - Tujuan yang jelas
  - Kebijakan yang tepat
  - Petunjuk operasional
  - Pihak yang terlibat
  - Formulir
  - Input
  - Proses
  - Output/Laporan/Report
  - Validasi


Refrensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Prosedur_operasi_standar
http://sepotekdunia.blogspot.co.id/2012/02/standard-operating-procedure.html

Kesimpulan

0 comments:

Post a Comment